Peresmian Paguyuban 'MUTIARA PLEMBUTAN'

Administrator 19 Maret 2017 13:10:11 WIB

PLEMBUTAN (SID) - Paguyuban Mutiara Plembutan adalah organisasi masyarakat yang berada di wilayah Desa Plembutan. Paguyuban ini terbentuk atas kerjasama beberapa pihak. Diantaranya adalah LSM IDEA, Handicap International (HI), CIQAL, Pemerintah Desa Plembutan, Pemerinyah Kecamatan Playen dan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul.

Paguyuban ini beranggotakan kelompok perempuan, disabilitas, warga miskin dan kelompok rentan/marjinal lainnya, tujuan dari pendirian paguyuban ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kelompok rentan di Desa Plembutan. Salah satu sasaran kegiatan dari paguyuban ini adalah keikutsertaan kelompok rentan dalam proses pembangunan di Desa Plembutan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 114 Tahun 2014 bahwa pembangunan Desa dilaksanakan oleh Pemerintah Desa dengan melibatkan seluruh masyarakat dengan semangat gotong royong. Disebutkan pula bahwa masyarakat berhak melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan pembangunan Desa, dimana pembangunan yang dimaksud dalam hal ini adalah mencakup empat bidang, yakni penyelenggaraan pemerintahan Desa, pelaksanaan pembangunan Desa, pembinaan kemasyarakatan Desa dan Pemberdayaan masyarakat.

Paguyuban ini diresmikan  oleh Dra. Edi Supriyanti selaku Kepala Desa Plembutan pada hari Minggu tangga 19 Maret 2017 di Balai Desa Plembutan. Dalam sambutannya, Kepala Desa Plembutan berharap Paguyuban Mutiara Plembutan ini nantinya bisa bersinergi dengan Pemerintah Desa dalam mensukseskan program-program / kegiatan yang ada di Desa Plembutan. Dalam peresmian ini hadir pula anggota BPD yang merupakan mitra kerja Pemerintah Desa Plembutan, Dukuh se Desa Plembutan, LPMD, PKK, anggota paguyuban Mutiara Plembutan dan tokoh masyarakat lainnya. Bp. Sumarsana, S.Pd. selaku Ketua BPD Desa Plembutan dalam sambutannya juga memberikan apresiasi positif serta berharap paguyuban ini bisa turut berperan serta dalam pembangunan mental bagi masyarakat.

Paguyuban yang berkedudukan di Dusun Papringan RT 09 RW 03 ini membuka diri bagi siapa saja yang hendak bergabung menjadi anggota paguyuban. Selain bagi warga yang tergolong dalam kelompok rentan di Desa Plembutan, paguyuban ini juga secara terbuka dapat menerima anggota lain sebagai Anggota Luar Biasa yaitu mereka yang berstatus WNI yang memiliki keberpihakan dan kepedulian terhadap kegiatan paguyuban Mutiara Plembutan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai paguyuban ini bisa menghubungi Suparno dan Eni Wahyuni (Ketua Paguyuban dan Sekretaris).

Komentar atas Peresmian Paguyuban 'MUTIARA PLEMBUTAN'

administrator 13 Juni 2017 12:48:07 WIB
Wass wr. wb terimakasih atas kunjungan ibu Nurmayunita di web kami, ada sosialisi dari pmerintah desa terkait dengan keberadaan paguyuban Mutiara Plembutan. sebagaimana yang tersurat pada Anggaran Rumah Tangga Paguyuban, tujuan dari paguyuban ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pikir, keterampilan, pengalaman dan wawasan anggota dalam mengelola sebuah organisasi, meningkatkan kesejahteraan anggota, memenuhi kebutuhan dasar bagi anggota (hidup sehat, pendidikan dasar dll) selain itu juga misi untuk terlibat dalam proses perencanaan dan pelaksanaan pembangunan. Untuk lebih jelasnya bisa langsung menghubungi Paguyuban Mutiara (Pak Suparno dan Bu Eni Wahyuni (Ketua & Sekretaris Paguyuban Mutiara)). Demikian yang bisa kami sampaikan. Terimakasih
Nurmayunita 05 Juni 2017 14:01:18 WIB
Ass...selamat siang...mohon maaf saya mengirimkan tanggapan dan atau pertanyaan sebagai salah satu warga masyarakat desa Plembutan. Saya membaca artikel paguyuban mutiara desa Plembutan, apakah pernah ada sosialisasi dari pihak kelurahan kepada warga masyarakat setempat nggih tentang paguyuban ini serta tujuan dibentuknya paguyuban mutiara kedepan kepada masyarakat sekitar? Terimakasih

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Cek Permohonan KTP

Fitur ini hanya berlaku untuk permohonan KTP di Kabupaten Gunungkidul mulai tahun 2015

Translate

PENGADUAN MASYARAKAT