Sosialisasi Kesehatan Jiwa

IBN 20 April 2017 14:34:47 WIB

PLEMBUTAN (SID) - Kamis tanggal 20 April 2017 bertempat di Balai Desa Plembutan, UPT Puskesmas Playen II mengadakan acara Sosialisasi Kesehatan Jiwa yang merupakan salah satu program untuk menangani penderita Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Masalah kesehatan jiwa belum menjadi perhatian banyak pihak, justru masih ada stigma dan diskriminasi orang dengan gangguan Jiwa. Padahal siapapun bisa mengalami masalah kesehatan Jiwa, tak pandang status sosial dan ekonomi. Acara yang diadakan oleh UPT Puskesmas Playen II ini dihadiri oleh Kepala Desa Plembutan, Perangkat Desa dan keluarga dari pasien penderita gangguan Jiwa.

Disampaikan oleh Bapak Muhtarom, bahwa gangguan Jiwa bukanlah penyakit yang mematikan, tetapi "memiskinkan".  Banyak pemicu masalah kesehatan jiwa yang bisa terjadi pada siapa saja. Secara medis, orang yang mengalami gangguan Jiwa dapat disembuhkan apabila gejala gangguan Jiwa tersebut dapat terdeteksi secara dini, sehingga dapat segera ditindak lanjuti. Beliau menghimbau kepada seluruh masyarakat supaya peka terhadap segala perilaku keluarganya yang tidak seperti biasanya, karena bisa jadi, itu merupakan gejala awal atau tanda-tanda dari gangguan Jiwa. Masalah kesehatan mental bisa dicegah, misalnya dengan menciptakan lingkungan yang nyaman, hingga mengelola stres.

Pendampingan dari keluarga sangat  diperlukan bagi penderita gangguan kejiwaan, dari Puskesmas hanya sebatas penyuluhan dan pengobatan. Menurut dr.Neneng Sutinah, orang yang menderita gangguan Jiwa bisa disembuhkan, dan nantinya bagi pasien yang sudah membaik, Puskesmas bekerjasama dengan Dinas Sosial akan memberikan pelatihan-pelatihan yang nantinya bisa mereka terapkan dalam kehidupan bermasyarakat. Puskesmas juga bekerjasama dengan RS Gracia dengan melaksanakan program RBM (Rehabilitasi Berbasis Masyarakat), dan salah satu upaya dengan melakukan kunjungan kerumah pasien didesa Plembutan.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Cek Permohonan KTP

Fitur ini hanya berlaku untuk permohonan KTP di Kabupaten Gunungkidul mulai tahun 2015

Translate

PENGADUAN MASYARAKAT