Kadin Pertanian dan Pangan GK Panen Perdana Cabai Merah di Wiyoko Utara

IBN 06 September 2017 09:06:36 WIB

PLEMBUTAN (SID) - Selasa 5 September 2017 kelompok tani Sido Rukun I mengadakan acara Panen Perdana Cabai Merah. Panen perdana ini dihadiri oleh Dinas Pertanian dan Pangan kabupaten Gunungkidul, Pemerintah Kecamatan Playen, Koordinator BPP dan Penyuluh Pertanian, Pemerintah Desa Plembutan, Ketua Kelompok Tani di Desa Plembutan dan warga masyarakat. Dalam sambutannya, Dra. Edi Supriyanti menyampaikan bahwa bibit cabai merah bantuan dari dinas pertanian telah ditanam dan dirawat sejak 3 bulan yang lalu dan akan terus dikembangkan.

Pada kesempatan yang sama, Bp Kasidi (Ketua Kelompok Tani Sido Rukun I) juga menyampaikan hal sama. Dalam laporanya Bp Kasidi memperkenalkan profil kelompok tani Sido Rukun I yang telah berdiri sejak 1 Januari 2002. Sido Rukun I saat ini memiliki 66 anggota dan kegiatan berupa : pertemuan rutin, Simpan Pinjam, Arisan dan sosialisasi bidang pertanian kepada anggota.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kab. Gunungkidul (Ir. Bambang Wisnu Broto) yang hadir dalam panen ini sangat mengapresiasi kelompok tani Sido Rukun I, meskipun baru pertama kali menanam cabai, tapi hasilnya tidak mengecewakan. Hal ini terbukti dengan hasil panen 6 ons per pohon atau total panen perdana mencapai -+ 2,4 ton cabai. Dalam pengarahannya, Bp. Ir. Bambang menyampaikan bahwa benih cabai yang diperbantukan kepada kelompok tani Sido Rukun I ini adalah varietas 'serambi' yang bisa 10 x panen dengan 75 hari masa pemeliharaan. Untuk mendukung program pertanian juga diperlukan sarana pendukung pertanian seperti embung, reservoir, pipanisasi dari reservoir ke lahan pertanian, cultivator. saran prasarana ini untuk kedepannya akan diupayakan agar dapat membantu dan memaksimalkan hasil produksi pertanian di Wiyoko.

Dengan geliat produksi pertanian yang semakin baik ini, mudah-mudah dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Plembutan.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Cek Permohonan KTP

Fitur ini hanya berlaku untuk permohonan KTP di Kabupaten Gunungkidul mulai tahun 2015

Translate

PENGADUAN MASYARAKAT

Lokasi Plembutan

tampilkan dalam peta lebih besar