Bupati Gunungkidul Tunjau Lokasi Pembukaan Jalan Usaha Tani Plembutan Barat

IBN 15 September 2017 14:08:31 WIB

Plembutan (SID) - Jumat 15 September 2017 Desa Plembutan mendapat kunjungandari Bupati Gunungkidul. Rombongan Bupati Gunungkidul terdiri dari Bupati, Kepala Dinas Pekerjaan Umum GK , dan juga Direktur Bank BDG. Tujuan dari Ibu Badingah beserta rombongan dalam kunjungan ini adalah untuk meninjau lokasi pembukaan jalan usaha tani di Desa PLembutan. Perlu diketahui bahwa jalan usaha tani sepanjang 1.035 m ini menghubungkan Padukuhan Wiyoko Utara - Padukuhan Plembutan dan Desa Dengok. Kegiatan pembangunan atau pembuatan badan jalan usaha tani ini adalah kegiatan diluar APBDes 2017 dan tidak memanfaatkan pendapatan desa. Proses pembukaan jalan menggnakan alat berat yang merupakan bantuan pengusaha, dikerjakan selama 7 hari.

Dilokasi Bulak Jatigendong, Bupati Gunungkidul sempat bertemu dengan para petani pemilik lahan yang terdampak pembukaan jalan ini. Beliau sangat mengapresiasi para pemilik lahan yag telah rela dan ikhlas sebagian lahannya dimanfaatkan untuk kepentingan umum.

Selepas dari lokasi jalan usaha tani, rombongan beristirahat di Balai Padukuhan Plembutan Barat dan disambut oleh warga masyarakat. Kepala Desa Plembutan dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu membuka jalan usaha tani ini. Bupati Gunungkidul melalui Kadin PU Gunungkidul menyampaikan bahwa jalan usaha tani ini kedepannya akan sangat bermanfaat bagi para petani, salah satunya adalah untuk menekan biaya produksi pertanian. Namun jalan yg sudah dibuka (dibuat badan jalan) ini tidak bisa dibiarkan begitu saja karena akan terkikis oleh air saat musim hujan. Perlu di lanjutkan dengan pengerasan, saat ini desa menerima alokasi dana yang besar, namun dalam pemanfaatannya memang harus sesuai aturan dan prosedur yang berlaku. salah satuya adalah perencanaan pembangunan desa yang diawali dari musrenbangdus dan musrenbangdes. Dengan kata lain, jika jalan ini hendak di danai dengan APBDes makan harus ada masyarakat yang mengusulkannya saat pelaksanaan musrenbangdus dan mengawalnya saat musrenbangdes.

Selain Pemerintah Desa Plembutan, unsur Muspika Kecamatan Playen juga turut menyabut kehadiran orang nomor satu di Gunungkidul ini. Mudah-mudahan dengan pembukaan jalan usaha tani ini bisa menambah semangat para petani dalam bertani dan memaksimalkan hasil pertanian, sehingga masyarakat Desa Plembutan menjadi lebih sejah tera.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Cek Permohonan KTP

Fitur ini hanya berlaku untuk permohonan KTP di Kabupaten Gunungkidul mulai tahun 2015

Translate

PENGADUAN MASYARAKAT

Lokasi Plembutan

tampilkan dalam peta lebih besar