Kementerian Dalam Negeri RI dan Bank Dunia Kunjungi Desa Plembutan

IBN 19 September 2017 15:51:35 WIB

Plembutan (SID) – Selasa 19 Agustus 2017 Kementerian Dalam Negeri mengunjungi Desa Plembutan. Kunjungan ini dalam rangka monitoring dan evaluasi terhadap Pemerintah Desa Plembutan. Hal yang menjadi objek pengamatan adalah tentang tata kelola dan pelaksanaan APBDes di Desa Plembutan.

Kunjungan dari kementerian ini disambut oleh Pemerintah Desa Plembutan, Pemerintah Kecamatan Playen, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul serta perwakilan Lembaga Kemasyarakatan Desa (BPD, LPMD, PKK, Karang Taruna) serta perwakilan Forum Disabilitas Desa Plembutan.

Selain membagikan quesioner kepada warga masyarakat di Desa Plembutan, juga diadakan diskusi dengan Pemerintah Desa. SID / website Desa Plembutan mendapat apresiasi dengan adanya fitur Pengaduan Masyarakat.  Seperti diketahui, plembutan-playen.desa.id selain sebagai sarana membagikan berita desa, laporan Pemerintah Desa, Peraturan Desa dan informasi desa yang lainnya juga terdapat fitur Pengaduan Masyarakat. Papan informasi di Balai Desa pun juga menjadi perhatian, adanya papan informasi di Balai Desa ini dinilai sangat tepat, terlebih lagi di dalam APBDes 2017 juga terdapat anggaran untuk pengadaan Papan info serta kotak saran di tingkat padukuhan.

Hal lain yang menjadi fokus dalam monitoring kali ini adalah pengimplementasian Sistem Informasi Keuangan Desa (Siskeudes), Perangkat Desa, BPD dan penggunaan Dana Desa yang bersumber dari APBN di Desa Plembutan. Adanya transparansi pengelolaan anggaran yang di bagikan melalui website desa dan papan informasi dinilai sudah tepat, karena hal ini sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 114 tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa dan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 113 tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Cek Permohonan KTP

Fitur ini hanya berlaku untuk permohonan KTP di Kabupaten Gunungkidul mulai tahun 2015

Translate

PENGADUAN MASYARAKAT

Lokasi Plembutan

tampilkan dalam peta lebih besar