Pelatihan Pengolahan Ikan

IBN 04 Oktober 2017 12:51:12 WIB

Plembutan (SID) - Dalam rangka memasyarakatkan gemar makan ikan, Dinas Kelautan dan Perikanan menyelenggarakan Pelatihan Pengolahan Ikan bagi warga Plembutan. Acara yang dilaksanakan pada tanggal 4 Oktober 2017 ini diikuti oleh 25 peserta. Para peserta yang baru pertama kali mengikuti pelatihan pengolahan ikan ini tampak antusias dalam pelatihan tersebut.

Dahulu ikan dikenal amis dan kurang diminati, padahal nilai gizinya lebih baik dari ayam potong. Dengan sosialisasi dan kampanye gemar makan ikan, stigma semacam ini mulai bergeser. Hal ini bisa dilihat dari hidangan makanan yang disajikan masyarakat saat Tradisi Rasulan berlangsung. Banyak warga yang sudah mulai menyajikan ikan dalam sajiuannya. Dengan ditunjang melalui pelatihan pengolahan ikan, diharapkan dapat meningkatkan tingkat konsumsi ikan di masyarakat. satuhal yang perlu diketahui bahwa tingkat konsumsi ikan di masyarakat sebanding dengan tingkat kecerdasan masyarakat. hal ini karena ikan memiliki nilai gizi yang baik.

Seperti diketahui, meski tidak memiliki objek wisata Desa Plembutan adalah desa yang dilalui jalur pariwisata, kondisi semacam ini bisa dimanfaatkan dengan pembuatan usaha ekonomi produktif yang mendukung sektor pariwisata, misalnya saja pusat oleh-oleh dan juga kuliner. Keberadaan BUMDES "Raharjo"Desa Plembutan pun juga bisa menjadi nilai tambah dalam bidang ini. Diharapkan setelah pelatihan pengolahan ikan ini akan muncul ide usaha bidang pengolahan ikan yang dapat menunjang sektor pariwisata di Gunungkidul.Jadi nantinya selain dikenal dengan Desa Minapolitan, Plembutan juga akan dikenal melalui produk olahan ikan.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Cek Permohonan KTP

Fitur ini hanya berlaku untuk permohonan KTP di Kabupaten Gunungkidul mulai tahun 2015

Translate

PENGADUAN MASYARAKAT

Lokasi Plembutan

tampilkan dalam peta lebih besar