Merintis Pokdarwis

Arrosikh 25 Februari 2021 12:34:45 WIB

SIDA PLEMBUTAN - Sadar akan prospek potensi wisata sosial budaya, masyarakat Padukuhan Ngasem Selatan Kalurahan Plembutan, Kapanewon Playen, Kabupaten Gunungkidul merintis Desa Wisata yang diberi nama Trukan Watu Tirto. Kesadaran ini diinisiasi oleh Kelompok Sub Karang Taruna Ngasem Selatan yang diketuai oleh Agus dengan dana swadaya. Embrio kesadaran ini kemudian ditindaklanjuti dengan penyampaian program kepada Pemerintah Kalurahan Plembutan.

Hari Rabu 24 Februari 2021 bertempat di Gedung Serbaguna Kalurahan Plembutan, Sub Karang Taruna Ngasem Selatan menyampaikan inisiasi pembentukan Desa Wisata kepada Pemerintah Kalurahan Plembutan yang dihadiri Lurah, jajaran pemerintah Kalurahan Plembutan, Ketua Bamuskal Plembutan, dan pendamping Desa Wisata Provinsi yang diwakili oleh Bapak Willy, Bapak Antok, dan Bapak Rio.

Agus menyampaikan bahwa potensi besar yang akan diangkat dalam pembentukan Desa Wisata ini adalah wisata sosial budaya. Mengembangkan pariwisata alternatif dengan mengintegrasikan pertanian dan budaya ke dalam aktivitas pariwisata.

Sebagai ikon desa wisata berupa sumur tua yang dikenal dengan Sumur Balong atau juga dikenal dengan  Sumur Kyai Wangkot. Sumur ini dikenal sebagai sumur pertama di Ngasem Selatan dan menjadi sumber air bagi masyarakat pada zaman dulu. Disamping itu, pengunjung juga akan diajak untuk melihat potensi budaya masyarakat yang  ada di Ngasem Selatan.

Agus kembali menambahkan bahwa rencananya akan dibangun juga publik space untuk kegiatan belajar budaya masyarakat, camping ground, dan juga tracking area. Dia meyakini bahwa jika Ngasem Selatan menjadi Desa Wisata akan membuka peluang berkembangnya UMKM yang ada di Ngasem Selatan khususnya dan UMKM Kalurahan Plembutan pada umumunya serta akan menjadi sumber pendapatan alternatif bagi masyarakat.

Ibu Dra. Edi Supriyanti selaku Lurah Plembutan dalam sambutannya mendukung inisiasi Desa Wisata di Padukuhan Ngasem Selatan. Semoga dengan kegiatan ini akan menginisiasi padukuhan lain di Kalurahan Plembutan mengikuti jejak  Ngasem Selatan dengan mengangkat ciri khas potensi masing-masing Padukuhan. Dengan terbentuknya Desa Wisata di masing-masing Padukuhan akan menginisiasi terbentuknya Pokdarwis Kalurahan.

Sementara pendamping pokdarwis menyampaikan bahwa, Desa Wisata dapat dirintis dan dikembangkan dengan 4 unsur, yaitu pelaku, sajian, sarana, dan dukungan lingkungan. Untuk rintisan Desa Wisata di Padukuhan Ngasem Selatan hal terpenting yang harus dipersiapkan adalah penguatan kelembagaan desa wisata itu sendiri. Sebab mempersiapkan SDM pengelola wisata yang solid, tangguh, dan kreatif adalah hal yang  sangat penting. Selain itu juga diharapkan adanya kolaborasi dengan padukuhan lain yang ada di Kalurahan Plembutan.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Cek Permohonan KTP

Fitur ini hanya berlaku untuk permohonan KTP di Kabupaten Gunungkidul mulai tahun 2015

Translate

PENGADUAN MASYARAKAT