Sosialisasi KPU Kepada Masyarakat Dusun Toboyo

RDW 29 April 2018 14:21:52 WIB

Plembutan (SIDA)-Minggu 29/4 Dalam rangka membangun kesadaran pemilih agar masyarakat nanti mengetahui, memahami, dan berpartisipasi dalam Pemilu 2019, KPU memberikan sosialisasi kepada masyarakat di padukuhan Padukuhan Toboyo. Dalam sosialisasi ini warga tampak antusias dengan pengetahuan tentang pemilu yang akan dilaksanakan pada tahun 2019 nanti.

Pada sosialisasi kali ini Narasumber dari KPU menyampaikan Asas pemilu "LUBERJURDIL" Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia Jujur dan Adil juga dijelaskan kepada masyarakat.

  • "Langsung" berarti pemilih diharuskan memberikan suaranya secara langsung dan tidak boleh diwakilkan.
  • "Umum" berarti pemilihan umum dapat diikuti seluruh warga negara yang sudah memiliki hak menggunakan suara.
  • "Bebas" berarti pemilih diharuskan memberikan suaranya tanpa ada paksaan dari pihak manapun.
  • "Rahasia" berarti suara yang diberikan oleh pemilih bersifat rahasia hanya diketahui oleh si pemilih itu sendiri
  • "jujur" berarti pemilihan umum harus dilaksanakan sesuai dengan aturan untuk memastikan bahwa setiap warga negara yang memiliki hak dapat memilih sesuai dengan kehendaknya dan setiap suara pemilih memiliki nilai yang sama untuk menentukan wakil rakyat yang akan terpilih.
  • "adil" adalah perlakuan yang sama terhadap peserta pemilu dan pemilih, tanpa ada pengistimewaan ataupun diskriminasi terhadap peserta atau pemilih tertentu.

Satu hal yang juga ditekankan kepada masyarakat bahwa pemilu di tahun 2019 terdapat perubahan dapil. Jika kemarin dapil satu berada di Playen, Wonosari dan Semanu, maka ditahun 2019 nanti dapil satu hanya di Playen dan Wonosari. Dapil dua yaitu Pathuk, Gedangsari, Ngawen dan Nglipar. Dapil tiga yaitu Ponjong, Karangmojo, Semin. Dapil empat yaitu Semanu, Rongkop, Girisubo, Tepus. Sedangkan untuk dapil lima yaitu Tanjungsari, Paliyan, Saptosari, Panggang dan Purwosari. Pemilu akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019.

Antusiasme warga dalam sosialisasi ini tergolong sangat baik, hal ini bisa dilihat ketika diberikan pertanyaan dari KPU warga dengan berebut ingin menjawabnya. KPU berharap warga dapat lebih baik dalam memilih dan dapat dengan tegas menolak jika ada pemaksaan dalam memilih nantinya.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Cek Permohonan KTP

Fitur ini hanya berlaku untuk permohonan KTP di Kabupaten Gunungkidul mulai tahun 2015

Translate

PENGADUAN MASYARAKAT

Lokasi Plembutan

tampilkan dalam peta lebih besar