Karang Taruna Pelajari Penanggulangan Resiko Bencana

RDW 12 Desember 2019 08:44:43 WIB

SIDA PLEMBUTAN – Karang Taruna adalah organisasi kepemudaan di Indonesia. Karang Taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda nonpartisan, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat khususnya generasi muda di wilayah Desa/ Kelurahan atau komunitas sosial sederajat, yang terutama bergerak dibidang kesejahteraan sosial. Sebagai organisasi sosial kepemudaan Karang Taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomi produktif dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia di lingkungan baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang telah ada. Sebagai organisasi kepemudaan, Karang Taruna berpedoman pada Pedoman Dasar dan Pedoman Rumah Tangga di mana telah pula diatur tentang struktur pengurus dan masa jabatan di masing-masing wilayah mulai dari Desa/ Kelurahan sampai pada tingkat Nasional. Semua ini wujud dari pada regenerasi organisasi demi kelanjutan organisasi serta pembinaan anggota Karang Taruna baik dimasa sekarang maupun masa yang akan datang.

RABU 11/12 Karang Taruna Desa Plembutan mengikuti sosialisasi tentang pertolongan pertama yang diberikan oleh Bapak Swasono dari Forum pengurangan resiko bencana kabupaten Gunungkidul. Setiap sub karang taruna mewakilkan dua orang untuk mengikuti sosialisasi yang di adakan di Desa Plembutan.

Dalam kegiatan tersebut, karang taruna Desa Plembutan sangat aktive dalam bertanya dan ikut serta mencoba mempraktekkan apa yang telah dipelajari menggunakan mannequin.

Kepala Desa Plembutan dan jajarannya berharap, kegiatan seperti ini dapat membantu karang taruna untuk menambah pengetahuan tentang pengurangan resiko bencana.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Cek Permohonan KTP

Fitur ini hanya berlaku untuk permohonan KTP di Kabupaten Gunungkidul mulai tahun 2015

Translate

PENGADUAN MASYARAKAT

Lokasi Plembutan

tampilkan dalam peta lebih besar